Wagub Jabar Ajak Perusahaan Contoh Surabraja

Wagub Jabar Ajak Perusahaan Contoh Surabraja
Wagub Jabar Ajak Perusahaan Contoh Surabraja

APRESIASI. Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum didampingi Founder PT SBCR Hj Rupiah (berkerudung), Ketua Komite Keluarga SBCR H Abdul Qodir (paling kanan), Direktur Keuangan dan Umum DR Adam Safitri memberikan materi workshop di area Pabrik Surabraja, Desa Kasugengan Kidul, Depok.

DEPOK (SBCR) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum mendorong semua perusahaan bisa mengikuti dan mencontoh kiprah yang dilakukan Surabraja (PT SBCR). Karena Perusahaan Saos dan Kecap tersebut mengakomodir 100 persen pekerja dari sumber daya manusia (SDM) lokal.

Hal itu dikemukakan Panglima Santri Jawa Barat itu saat melakukan silaturahmi yang dikemas dengan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Leadership dan Manajerial Menuju Era Digitalisasi Ekonomi Bisnis Karyawan dan Direksi PT SBCR, Minggu (28/05).

Orang nomor dua di Jawa Barat tersebut disambut hangat oleh Pendiri PT SBCR Hj Rupiah, Ketua Komite Keluarga PT SBCR H Abdul Qodir, Direktur Keuangan dan Umum DR Adam Safitri dan Direktur Produksi Dede Nurkholis serta ratusan karyawan.

Diakui Uu, kiprah PT Siradj Badawi Cukup Rupiah (SBCR) memberikan dampak besar membangun perekonomian masyarakat Jabar khususnya masyarakat sekitar pabrik. 

Pabrik Saus dan Kecap Surabraja yang berlokasi di Desa Kasugegan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon menurut Uu berdiri sejak 1960 silam, kini produknya telah merambah hampir diseluruh plosok Indonesia. 

UU mengaku berkesempatan meninjau gudang dan tempat Produksi Pabrik Saos dan Kecap Surabraja. Ia merasa kagum dengan aktivitas yang begitu mandiri di Pabrik Saos dan Kecap Surabraja itu.

Menurutnya, kedatangan ke PT SBCR ini mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk meninjau pabrik yang dirikan oleh orang Cirebon dan jebolan pondok pesantren. “Ternyata jebolan orang pesantren juga mampu membuat perusahan yang bonafit dan berdiri sangat surfive hingga 60 tahun. Perusahan ini sangat luar biasa, dan spesial. Kenapa? Karena mampu mempekerjakan ratusan orang lokal Cirebon,” kata Uu.

Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Uu mengucapkan terimakasih kepada PT SBCR yang telah membatu pemerintah khususnya Pemprov Jabar dan Kabupaten Cirebon dalam menggulirkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Ada produk yang dikeluarkan dari sini, ada uang yang beredar, ada uang yang mengalir otomatis ekonomi masyarakat bisa terbantu,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya meminta Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat untuk memberikan penghargaan dari pemerintah pusat kepada PT SBCR tersebut.

“Saya sudah hubungi Kadisnaker Provinsi untuk memberikan penghargaan kepada PT SBCR ini. Kenapa karena pekerja di sini 100 persen orang lokal, dan ini sesuai dengan visi misi Pemrov Jabar dalam rekrutmen pekerja harus diutamakan orang lokal. Berbeda di tempat lain yang terkadang para pekerja itu ada dari luar dan juga luar negeri,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Komite Keluarga PT SBCR H Abdul Qodir menyampaikan, kedatangan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum ke Surabraja menjadi motivasi pihaknya untuk terus berkarya dan harus berkembang dengan meningkatkan produktivits perusahaannya.

 “Ini kebanggaan kami, beliu bisa hadir disini, karena berkarya itu harus berkembang, dan keluarga kami yunik karena  dalam menyerap  para pekerja 100 lokal, tidak ada dari luar,” katanya didampingi Direktur Keuangan dan Umum, DR Adam Safitri dan Direktur Marketing Vivaldina Rahmatullah.

Ditambahkan, para pekerja di Surabraja semua lokal, tetapi secara kualitas bisa bersaing, baik itu dari sistem produksi, distribusi dan lainnya sudah digital semua dan itu karya lokal.

“Era digital menjadi tantangan bagi kami, bahwa aplikasinya harus sudah oke dan kita juga dari aspek penjualan sudah pakai aplikasi, itu juga karya orang lokal,” jelasnya.

Disinggung progres pertumbuhan permintaan produk dari perusahaannya, saos dan kecap terus meningkat. Kini produk lokal asli Cirebon telah tersebar bukan hanya di Pulau Jawa, namun telah merambah ke Pulau Sumatera, seperti Banda Aceh, Batam dan Kota Padang Pulau Kalimantan Pontianak dan daerah lainnya.

 “Di Surabraja mulai dari Doktor sampai SDM yang tidak sekolah juga ada dari warga sekitar. Karena kehadiran kami sudah menjadi cita-cita bersama sejak didirikan bisa memiliki manfaat bagi khalayak,” ucap pria yang akrab disapa Bang Haq tersebut.

Pihaknya juga menegaskan, dengan mendukung Surabraja selain berkontribusi membangun ekonomi menyejahterakan putra puteri dalam negeri, juga ikut mendorong percepatan dan peningkatan ekonomi di negeri ini. “Lebih dari itu, mendukung kemajuan Surabraja merupakan bagian dari dukungan atas asli produk lokal yang go nasional,” pungkasnya. (Taufiq)

 

#aslipusakasurabraja #sb #surabraja #aslisurabraja #saossurabraja #sambelsedap #sbsedap #sambelsb #tjukupesbe #saosjawa #saosbakso #saosmieayam 

#saostradisional #jualsaos #pedas #saospedas #kuliner #kulinerindonesia #kulinerbaso #saossb #kulinerhits #indonesia #bakso #baso #mieayam #kulinerkekinian

#homemade #makananpedas #murah #frozenfood #foodstagram #jajan #makananhits #foodies #makananringan #resep #yummy #like #cirebon #halal #sehat  #indonesianfood #makananmurah #sedap #wisatakuliner #resepmasakan #masak #cemilansehat #kentang