Milad Ke-64, Surabraja Serukan Pentingnya Implementasi Makna Hijrah

Milad Ke-64, Surabraja Serukan Pentingnya Implementasi Makna Hijrah
Milad Ke-64, Surabraja Serukan Pentingnya Implementasi Makna Hijrah

ANTUSIAS. Ratusan karyawan antusias menyimak taushiyah yang disampaikan oleh Ketua Komite PT SBCR Ir H Abdul Qodir serta mengikuti seluruh rangkaian acara Milad ke-64 PT SBCR Surabraja.

 

CIREBON (SBCR) – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah sekaligus Tasyakur Milad ke-64, PT Siradj Badawi Cukup Rupiah (SBCR) Surabraja menyerukan pentingnya hijrah.

Hal itu disampaikan Ketua Komite PT SBCR H Abdul Qodir dalam tausiyahnya dihadapan ratusan karyawan, di Halaman Pabrik Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Minggu (07/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut pendiri sekaligus owner PT SBCR Hj Rupiah, Ketua Komite Keluarga Ir H Abdul Qodir, Sekretaris Komite H Sefi Khirijil Yaman, Presiden Komisaris H Jaelani, Komisaris H Subianto, Direktur Keuangan dan Umum DR Adam Safitri, Direktur Produksi Dede Nurkholis, Direktur IT Abu Jihad Ibnu Lailatul Qadar, Kepala Desa Kasugengan Kidul Diantoro serta para karyawan PT SBCR.

Abdul Qodir juga menjelaskan, acara tersebut merupakan ungkapan rasa syukur atas eksistensi dan perkembangan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1960 itu. Tidak hanya seremonial perayaan Milad, di waktu yang sama Surabraja juga mengadakan kegiatan sosial berupa Khitanan Masal di depan kantor utama PT SBCR.

Pria yang akrab disapa Bang Haq itu juga menyampaikan kisah awal mula penetapan tahun hijriyah yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad bersama para sahabatnya dari Makkah menuju Madinah. Kemudian ia menekankan pentingnya pemahaman atas apa yang disampaikannya.

”Ketika kita punya pengetahuan pastikan paham apa yang diketahui. Itu yang menjadikan orang lebih mulia,” tegasnya.

Pria berkacamata tersebut kemudian menceritakan berbagai proses perkembangan yang dilakukan Surabraja dari waktu ke waktu berawal dari usulan-usulan yang dicetuskannya.

Cara memasak yang semula menggunakan api yang sepekan menghabiskan 2 tangki minyak tanah diganti menggunakan boiler yang sepekan hanya menghabiskan 2 drum solar. Berikutnya cara mendinginkan produk yang selesai dimasak, semula menggunakan cara manual yang butuh proses hingga 3-4 hari untuk bisa dikemas kemudian diganti menggunakan heat exchanger yang prosesnya jauh lebih cepat. Semua itu merupakan bentuk implementasi makna hijrah dengan berbekal ilmu yang dimiliki.

“Seandainya saya tidak sekolah mengerti atau tidak cara seperti itu? Dijamin tidak mengerti. Maka hijrah dimulai dari ilmu. Orang yang tidak punya ilmu bingung hijrahnya seperti apa,” tuturnya.

Motivator Nasional Quantum Life tersebut juga menekankan komitmen perusahaan untuk menjamin proses pengolahan bahan baku produk terjaga dengan baik hingga menghasilkan produk yang lebih sehat. Rangkaian perubahan dan kemajuan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perusahaan sudah melakukan hijrah secara maknawiyah.

“Hijrah itu pindah dari yang buruk menjadi baik. Begitu kita siap dengan Healthy Product Awarenes, kita secara sadar berkesinambungan yuk kita buat produknya yang sehat, produksinya yang bagus, jangan tercemar, cara kerjanya baik, sampai air limbah saja bening,” ucapnya.

Dikatakan, setelah memutuskan untuk hijrah maka selanjutnya butuh kesungguhan. Sebab begitu menjalani kebaikan mungkin rasanya tidak enak. Sebagaimana keseriusan Surabraja saat memutuskan hijrah dengan biaya yang tidak sedikit, proses yang sulit serta mendatangkan tenaga-tenaga ahli.

“Sehingga nanti bisa jadi orang-orang bangga kalau membeli produk Surabraja ini, perusahaannya baik, menjaga limbah dengan baik, hasilnya baik. Sudah hijrah dari yang tidak baik menjadi baik. Ada rasa senang. Dan itu menjadi kebanggaan untuk orang yang membeli,” tandasnya.

Di akhir taushiyahnya Bang HAQ menegaskan bahwa orang-orang yang berhijrah dijamin akan mendapat rahmat serta keberkahan dari Allah SWT.

“Jadi insyaAllah dengan hijrahnya kita dalam momentum hijrah ini semoga kita mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT,” tuturnya. 

Selain motivasi, kegiatan yang digelar rutin setiap tahun tersebut juga diisi doa bersama sekaligus memberikan apresiasi kepada ratusan karyawan dengan dorprize menarik mulai dari TV, sepeda hingga sepeda motor. (Jhn)

Editor: Taufiq

 

#surabraja #sbcr #milad64 #tahunbaru #tahunbaruislam #tahunbaruhijriyah #tahunhijriyah #saus #sauscabe #kecap #sirup #gula #gulabatu #mieayam #bakso #kuliner #cirebon